Label

Penyejuk Hati

Senin, 17 Maret 2014



Ini adalah pengalaman kedua saya mengajar. Banyak tawa canda yang terukir disana :)

_SDN Melonga Asih _

@@@
Banyak hal yang terjadi saat saya observasi di sekolah ini. Ini adalah sekolah kedua saya melakukan kegiatan belajar mengajar dengan anak Sekolah Dasar , setelah yang pertama di daerah Cibodas, lantas yang ini saya melakukan simulasi mengajar di SDN Melong Asih.

Mungkin kalian bertanya, ngapain sih observasi sampe ke daerah Cijerah don?? di deket UPI juga banyak. Jawabannya sederhana, karena sistem perizinan untuk observasi di Sekolah Dasar itu tak semudah terjun dari lantai 3 -_- . Birokrasi yang menyulitkan, sampai terkadang ada sedikit rasa jengkel yang menempel disini. 

Ada beberapa kejadian di sini yang membuat saya jadi tau bahwa karakter setiap anak-anak itu berbeda. Kejadiannya kaya permen Nano, ada asin ada asem ada manis. Mulai dari kejadian lucu, haru, sampai membuat harus berulang kali mengelus-ngelus dada (sabaaaarr ..). Dengan kata lain, intinya kita harus mampu masuk ke dalam dunia mereka.

@@@





@@@

Hari itu saya dan teman saya mengajarkan anak-anak tentang menggambar menggunakan teknik montase dan membuat pameran karya dalam bentuk diorema. Cukup sulit sebetulnya. Tapi saya bangga ternyata mereka dapat melakukannya. Jumlah siswa di kelas itu sekitar 30 orang. Saya berinisiatif untuk membagi mereka pada 4 kelompok besar. Dua kelompok untuk montase, duanya lagi untuk kelompok diorema. Disini dengan maksud agar mereka dapat mempelajari bagaimana rasanya belajar secara berkelompok. Mereka cukup antusias saat saya membagi kelompok. Antusias mereka yang berlebih membuat saya kewalahan menanganinya. (maksudnya mereka itu lari sana lari sini -_-) Dan yang paling wewnya saya dipanggil "ibu" sama mereka. Mereka sopan sekali yaa .. :) 

Bukan hanya menghadapi anak-anak yang lari sana sini. Tapi ternyata saya juga harus menghadapi anak perempuan yang tiba-tiba berantem, dan alhasil ada yang nangis deh, maklum anak peremuan itu memang sedikit sensitif #eh :D (dan seketika saya mau teriaaaaaaak ... !! >.<)

Saya pikir cukup hanya sampai situ aja, ternyata eh ternyata di akhir pembelajaranpun ada saja hal-hal unik yang mereka lakukan, sampai gemes sendiri ngadepinnya -_- 

"ade-ade ibu punya beberapa majalah bobo nih, siapa yang mau"
"sayaaaaa buu !!" Ucap mereka bersamaan.
"Tapi ada syaratnya, kalian harus jawab pertanyaan ibu dulu. Nanti yang bisa jawab bisa ambil majalah bobo ini" Ucap saya menjelaskan.
"Siaaaaap bu !!" Ucap mereka lagi antusias.

Ternyata tanya jawab dengan mereka tidak semudah yang saya bayangkan. Banyak diantara mereka yang iri karena tak mendapat kesempatan untuk menjawab. Alhasil ada murid yang jengkel, hingga keluar kelas. Adapula murid yang meminta saya untuk membawa majalah bobo lebih banyak lagi. (omaygaaaaaat >.<)

Ini pengalaman observasi saya yang paling unik sejagad raya. haha

_THE END_






0 komentar:

Posting Komentar